tips-merawat-marmer-granit

14 Tips Cara Merawat Lantai Marmer Granit Rumah Anda

Harga Poles Marmer – Sebelum kita membahas 14 tips cara membersihkan marmer granit, terlebih dahulu anda harus mengetahui bahwa Cara Membersihkan Lantai Marmer tidak boleh sembarangan. Kamu harus tahu bahwa marmer merupakan keluarga dari kapur yang sebagian besar terdiri atas kalsium karbonat. Kalsium karbonat juga biasanya dapat kita temukan di beberapa benda seperti mutiara, gigi, tulang dan kerang. Dengan mengetahui bahan penyusun dari marmer, maka akan memudahkan kita menentukan jenis dan cara membersihkannya agar tidak mudah rusak. Karena terdapat kalsium karbonat disana, maka lantai marmer sudah pasti sangat sensitif terhadap benda-benda yang bersifat asam.
Oleh karena itu sangat penting memelihara lantai marmer granit di rumah kita. Berikut 14 tips cara membersihkan dan merawat marmer rumah kita.

Cari Tahu Sifat Lantai Rumah Anda
Hal paling pertama yang harus anda pelajari adalah tentang karakter materialnya. Karakteristik marmer alam memiliki sifat yang berbeda-beda. Bisa jadi treatment yang menurut anda lakukan berhasil dengan baik tetapi belum tentu akan berhasil pada material berbeda. Maka langkah yang tepat adalah menanyakan langsung pada supplier dimana anda membeli dan siapa kontraktornya. Tanyakan hal-hal yang lebih spesifik mengenai sifat material marmer anda.
Jauhkan dari sumber kotoran yang merusak
Musuh utama lantai marmer adalah debu dan pasir, ini adalah musuh alami dan sulit dihindari, debu dan pasir halus bila terinjak secara terus menerus akan mengikis lapisan atas permukaan lantai marmer, dan akibatnya lantai marmer menjadi kusam dan terlihat kotor. Akan tetapi hal ini bisa di minimalisir dengan menyapu lantai. Gunakan sapu lantai dengan bahan bulu yang lembut kemudian gunakan kain pel yang lembut lakukan pengepelan cukup dengan air bersih saja, hindari penggunaan zat-zat pembersih lantai yang tidak direkomendasikan. Penggunaan zat kimia pembersih dapat merusak warna marmer dan kekilapannya.
Manfaatkan pel atau kain yang benar-benar kering dan bersih
Tips pertama untuk membersihkan marmer adalah dengan menggunakan kain yang benar-benar bersih dan bebas dari apapun termasuk bahan pembersih lantai apapun. Termasuk juga polishing semprot. Untuk menjaga agar lantai tersebut tetap bersih, secara teratur kamu harus rajin menyapu untuk menghilangkan debu dan kotoran di permukaan lantai. Karena setiap debu atau kotoran yang tertinggal di lantai yang akan menyebabkan marmer kehilangan sinarnya.
Hindari penggunaan pembersih keramik atau lantai marmer
Walaupun diformulasikan khusus untuk membersihkan ubin keramik atau lantai marmer, beberapa bahan pembersih terkadang tidak cocok. Karena marmer adalah batu alam, maka sudah pasti sedikit berbeda dengan ubin. Dengan begitu, beberapa bahan pembersih buatan manusia terkadang bisa menyebabkan kerusakan atau dapat menyebabkannya terlihat lebih kusam, meninggalkan noda, dan masalah lainnya.
Hindari penggunaan pembersih berbahan dasar asam (zat kimia)
Hindarilah bahan kimia seperti pemutih dan bahan kimia kuat lainnya yang dapat merusak permukaan lantai marmer. Gunakanlah sabun yang lembut yang dicampur air bersih untuk mengangkat kotoran yang membandel. Beberapa jenis cairan pembersih lantai banyak ditemukan di supermarket, tetapi belum tentu cocok dengan karakter lantai marmer rumah anda. Disarankan jika anda ragu dan khawatir dapat merusak lantai, sebaiknya dicoba terlebih dahulu sedikit saja pada area yang tidak terekspos. Segala sesuatu yang memiliki kandungan asam sebaiknya dijauhkan dari lantai marmer. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, lantai ini mengandung kalsium karbonat yang sangat rentan terhadap cuka dan air karena apabila terus-menerus terkena air dan cuka, ke lantai tersebut bisa dengan mudah tergores.
Perhatikan PH pembersih yang kamu gunakan
Setiap pembersih yang kamu gunakan harus benar-benar diperhatikan, terutama mengenai ph-nya. Pembersih yang tepat adalah pembersih yang mengandung Ph netral dan bebas asam.
Berikan pelindung
Seringkali kita meletakkan segala sesuatu di atas lantai. Entah itu pot bunga, lemari, rak buku, meja dan lain-lain. Untuk menghindari agar lantai tidak rusak, kamu harus memberikan lapisan pelindung di bawah lemari atau benda-benda yang kamu letakkan di atasnya. Jangan pernah menyeret meja, kursi atau lemari di atas lantai. Jika kamu membeli sofa baru, pastikan sofa tersebut memiliki alat yang lembut.
Manfaatkan air hangat untuk membersihkannya
Lantai yang terbuat dari marmer bisa dibersihkan dengan menggunakan air hangat. Pada saat membersihkan, kamu harus segera mengeringkan air tersebut dengan lap yang kering agar tidak menyerap ke dalam lantai. Sebisa mungkin, nyalakan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan. Air hangat yang memiliki Ph netral juga akan membantu menjaga agar lantai tetap mengkilap.
Hindari penggunaan krim atau bubuk gosok
Beberapa produk gosok yang mengandung partikel abrasif bisa menyebabkan goresan pada permukaan lantai marmer sehingga sebaiknya dihindari. Beberapa contohnya adalah a bubuk gosok dan krim yang memiliki partikel-partikel kecil.
Selalu gunakan sealer atau lapisan pelindung
Agar lantai marmer dirumahmu tetap awet dan berumur panjang, kamu harus melindunginya dengan menggunakan lapisan pelindung. Lantai marmer biasanya berpori dan sangat mudah ditembus oleh berbagai cairan termasuk juga noda-noda tertentu. Oleh sebab itu, agar lantai marmer berumur panjang, pastikan kamu memberikan lapisan yang sedikit lebih tebal tergantung dari sering tidaknya lantai tersebut dilalui.
Hindari benda-benda tajam
Lantai marmer mudah tergores, maka hindari sentuhan langsung benda-benda tajam dan keras, seperti kaki kursi, sofa, kaki meja, sepatu bahkan kuku binatang kesayangan anda. Resiko ini sulit dihindari tetapi dapat diminimalkan dengan cara memberika bantalan karet pada setiap kaki furniture dan memotong kuku binatang kesayangan secara rutin, sehingga resiko permukaan yang tergores bisa dihindari.
Berhati-hatilah saat menggunakan karpet
Beberapa karpet memiliki permukaan di bagian bawah yang sangat kasar. Sehingga pada saat kamu menggelar atau menggulung karpet sebaiknya hindarilah menarik-nariknya karena dapat menyebabkan lantai tergores.
Hindari menyeret sesuatu di atas lantai
Telah dijelaskan sebelumnya bahwa segala sesuatu seperti meja, kursi, atau lemari sebaiknya tidak diseret diatas lantai yang terbuat dari marmer karena sangat rentan menyebabkan goresan. Termasuk juga vacuum cleaner yang memiliki roda juga bisa menyebabkan guratan atau goresan di permukaan marmer.
Intinya, kamu bisa membersihkan lantai yang terbuat dari marmer menggunakan kain pel yang kering atau sedikit basah dengan air hangat. Jika kamu menemukan lantai marmer di rumahmu rusak, mintalah ahlinya (tukang) untuk membereskannya. Karena jika dilakukan secara sembarangan tanpa pengetahuan, lantai marmer justru bisa semakin rusak.
Mengajarkan anak-anak Anda
Menghadapi anak-anak kadang sulit terkontrol, tapi dengan cara yang halus dan bijak kita bisa melatih dan membiasakan anak-anak menjaga mainannya, mencegah cat lukis, krayon dan alat tulis lainnya yang tercecer atau melarang mereka untuk bermain sepatu roda dilantai rumah. Karena hal ini bisa merusak permukaan marmer.

Demikian 14 Tips Sederhana Merawat Lantai Marmer Granit cara tersebut setidaknya bisa kita lakukan sendiri dalam mempertahankan keindahan lantai marmer. Pencegahan sedini mungkin tentang resiko-resiko kerusakan yang bisa dihindari dan diminimalisir agar lantai marmer granit kita bisa awet dan tahan lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>