Marmer telah banyak digunakan oleh para pengrajin berabad-abad untuk menghiasi lantai istana, atap, dan dinding. Meskipun marmer sesekali menyiratkan kemahsyuran dan elegansi kerajaan ,  Pada saat ini pemakaian marmer seperti pada lantai mulai merambah pada hunian modern tanpa melihat pamor kedudukan seperti beberapa abad sebelumnya ,  tak terkecuali interior kamar mandi.

Pertanyaannya, Haruskah?

Karena jumlah marmer yang terbatas di berbagai belahan bumi tidak terkecuali Indonesia, sulitnya mencari kualitas marmer untuk proyek desain hunian menjadi sangat sulit. Maka dari itu ada beberapa pro dan kontra akan material indah ini, dan beberapa perihal yang harus dicermati ketika Anda mempertimbangkan marmer untuk menjadi dekorasi di kamar mandi Anda. Hal pertama Anda harus memahami dulu marmer secara umum.

Marmer Secara Umum. Marmer merupakan batuan metaphor yang telah banyak digunakan selama ribuan tahun. Setiap bagian marmer berbeda satu sama lain , keragaman pola garis dan warna menjadi pertimbangan komposisi terbaik dalam menyesuaikan sifat interior. Lantai marmer bisa jadi tidak sememikat penampilannya bergantung tipe dan kualitas marmer yang Anda beli. Marmer kualitas tinggi memiliki setiap adukan warna dan jaringan-jaringan lembut. Sebaga contoh lihat penampilan kamr mandi dibawah, elegan, lembut dan keseragaman

WC-Marmer

Gambar diatas merupakan instalasi kamar mandi yang menggunakan marmer dengan jaringan jelas ( dapat dipastikan sebagai marmer Calacatta) dan sedikit tampilan keseragaman. Hal ini dapat ditampilkan oleh keunikan bentuk dan detil yang batu hasilkan

Marmer diatas pada aslinya merupakan marmer paling tersohor dan banyak digunakan pada kelas-kelas eksklusif, ragam lainnya sebenarnya juga tidak kalah dengan motif dan gaya jaringan marmer karena kesesuain biaya dan selera maupun penyesuaian warna ruang interior pemilik.  Dilhat dari sudut pandang pemasangan, kedekatan batuan Italia dan Yunani ialah sumber asalnya, Keunggulan hadir saat ditempatkan di lingkungan basah . Perlu diperhatikan bahwa makin banyak corak jaringan seringkali menandakan kandungan besi yang tinggi, menyebabkan penampilan batuan berubah agak lama dari waktu ke waktu.
Tip: Apabila Anda tidak dapat menemukan Marmer Italia yang terjangkau, lantai keramik berkualitas sedang bisa cukup menawarkan tampilan serupa.
Keuntungan Marmer. Marmer mudah sekali diolah dan dipergunakan. Marmer merupakan batuan lembut yang dapat digiling, diolah, dan dibentuk, sehingga marmer memiliki banyak kegunaan dari berbagai segi. Kamar mandi diatas memiliki tembok penuh dengan irisan marmer, begitu juga pada counter dan lantainya, dan beberapa pasangan kecil coran dan pembingkai pintu.

Kelemahan Marmer. Dikarenakan batuan lembut, marmer menyerupakan penyerap yang baik. Sebagai contoh, ketika Anda mewarnai rambut Anda di kamar mandi, sisa-sisa cat pewarna rambut dapat menodai lantai kamar mandi Anda. Banyak orang memilih lantai keramik kokoh untuk melengkapi marmer ( seperti pada foto diatas) untuk alas an tersebut.

Marmer sangat mudah tergores oleh material asam, seperti lemon dan produk pembersih tertentu. Jika Anda ingin menggunakan mamer di dalam kamar madni Anda, Kami sarankan untuk menguji losion dan barang-barang mandi lainnya untuk melihat reaksi yang bisa terjadi. Dalam hal ini marmer sangat tidak dianjurkan dikomposisikan sebagai material utama kamar mandi anak-anak.

Pertimbangan Khusus. Karena marmer mengandung mineral, selalu ada risiko akan kandungan besi yang akan berubah menjadi karat pada kamar mandi Anda. Instalasi yang bagus dapat rusak ketika ada kandungan besi yang terkubur dalam kandungan marmer mengotori warna asal dari kelembaban dan embun.

Kami menyarankan tes perendaman dahulu untuk memastikan marmer yang Anda pertimbangkan dapat menyesuaikan kamar mandi. Sederhananya rendam tumpukan lantai marmer yang anda mau pilih didalam ember selama dua hari, dan kemudian keluarkan dan biarkan selama dua hari untuk mengamati perubahan yang terjadi.

Peringatan. Apabila Anda memilih lembar lantai atau pola lantai marmer kecil yang terpasang lembaran, perlu diketahui saat ada renovasi kamar mandi, 95% bagian belakang lantai butuh melekat dengan thinset (lantai coran). Thinset sering dipasang dengan adukan semen dan pasir, dan tidak semua lantai — termasuk beberapa lembar lantai marmer — dapat mencapai 95% daerah penutupan.

Maintenance. Dalam hal ini Marmer sebaiknya dilapis dengan pelapis berkualitas dan dirawat secara rutin. Hindari penggunaan pembersih kuat (tidak berbahan dasar asam) untuk menghindari pengkeroposan atau melukai pelapis marmer. Sabun, Air dan sikat nilon dapat menjadi alternative pengganti.

 

Kami selalu menyarankan lantai keramik sebagai alternative dari marmer. Banyak lantai keramik terlihat seperti marmer dan menawarkan daya tahan lebih di kamar mandi .
Selanjutnya yang harus diperhatikan. Banyak sekali ragam jenis marmer di dunia, dan ada beberapa penyupplai dengan kualitas yang kurang baik atau marmer dengan daya tahan rendah. Penambangan dan transportasi dapat berkontribusi dalam jejak karbon apabila Anda belum pernah mengetahuinya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>